BAB I
PENDAHULUANI. Latar BelakangDi lihat akhir –akhir ini minat belajar para siswa mulai terlihat menurun mungkin di karenakan adanya jejarigan social sepert Facebook atau Twitter atau karena factor lain.Jejaringan ini kadang membuat siswa lebih tertarik untuk membuka facebook dan twitternya kebanding harus membuka buku pelajaran. Faktor lain menurunnya minat belajar para siswa adalah pergaulan teman teman sekitar. Misalnya yang dulu rajin belajar menjadi malas belajar gara gara pengaruh teman teman, dan akhirnya pun terpengaruh menjadi malas untuk belajar.II. Rumusan Masalaha. Apakah ada pengaruh dari orang lain dengan turunnya minat belajar para pelajar?b. Apakah ada dampak dari turunnya minat belajar para pelajar?c. Apakah ada pengaruh dari keluarga yang brokenhome dan lingkungan sekolah dengan turunnya minat belajar para pelajar.d. Benarkah ada pengaruh dari kita sediri terhadap turunnya minat belajar para pelajar atau karena kita tidak suka sama mata pelajaran tersebut.III. Tujuan Penelitiana. Untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari orang lain dengan turunnya minatbelajar para pelajarb. Untuk mengetahui dampak turunnya minat belajar para pelajarc. Untuk mngetahui apakah ada pengaruh minat belajar siswa jika keluarganya brokenhome dan lngkungan sekolah dengan turunnya minat belajar para siswa.d. Untuk mnegetahui apakah ada pengaruh dari diri sendiri atau pengaruh karena kitatidak suka sama mata pelajaran itu.BAB IILANDASAN TEORIBelajar merupakan kegiatan yang di lakukan siswa guna menciptakan sebuah perubahan pada diri siswa yang meliputi kemampuan kognitif,efektif dan psikomotorik.Pengertian belajar di kemukakan okeh Slameto (2003:2) yakni belajar adalah suatu proses usaha yang di laukan seseorang untuk memperoleh perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya, Sedangkan cronbach dalam Djamarah (2008:!3)” memeberikan definisi “Learning os shown by a change in behavior as a result of experience”. Yaitu belajar adalah memperlihatkan perubahan dalam prilaku sebagai hasil dalam pengalamanPendidikan adalah segala daya upaya untuk memajukan budi pekerti, pikiranserta jasmani anak, agar dapat memajukan kesempurnaan hidup yaitu hidup danmenghidupkan anak yang selaras dengan alam dan masyarakatnya (menurut Ki Hajar Dewantara)Pendidikan adalah usahan sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pemebelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual kegamaan,pengendalian diri kepribadian,kecerdasan,akhlak mulia, serta keterampilan yang di perlukan dirinya dan masyarakat.Anggota keluarga mempunyai peran pengajaran yang amat dalam , sering kali lebih mendalam diri yang di dasari mereak , walau pun pengajaran anggota keluarga berjlan secara tidak resmi.Dari pernyataan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajardan proses pembelajaran atau pelatihan agar peserta didik secara aktif dapat mengembangkan potensi dirinya supaya memiliki kekuatan spiritual keagamaan, emosional, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yangdiperlukan dirinya dan masyarakatFungsi Pendidikan menurut Horton dan Lembaga pendidikan berkaitan dengan fungsi yang nyata :a. Mempersiapkan anggota masyarakat untuk mencari nafkahb. Mengembangkan bakat seseorang demi kepuasan pribadi dan bagi kepentinan masyarakatc. Pelestarian kebudayaan.HIPOTESIS· Memang ada pengaruh dari orang lain dari turunnya minat belajar siswa, terutama dari teman teman sekitar· Dampak dari turunnya minat belajar para pelajar akan berpengaruh pada masa depannya.· Kalau turunnya minat belajar para siswa bisa juga karena factor keluarga yang brokenhome· Biasanya pengaruh dari turunnya minat belajar para siswa adalah karena dia tidak suka sama matapelajaran ituBAB IIIMETODE PENELITIANI. Waktu dan TempatPenelitian ini dilakukan di SMA Muhammadiyah Gadingrejo pada tanggal 1 s.d 4 Februari 2016 dengan pertimbangan peneliti sebagai siswa SMA Muhammadiyah Gadingrejo. Dan Metode yang akan saya lakukan dengan menggunakan metode angket terbuka.II. Banyak ResponMetode Kualitatif Deskriptifa. Quisioner (angket) = Kombinasi/campuranb. 100 repondenc. Popoulasi SMA Muhammadiyah GadingrejoIII. Analisis DataMenggunakn teknik kualitatif dekriftif yaitu dengan memberikan paparan dana gambaran terhadap analisa dari data penelitian.IV. Pengumpulan Data1. Metode angket quisionerMetode angket yang di gunakan adalah angket campuran2. Metode Observasi LangsungDengan melakukan observasi langsung yaitu dengan melakukan pengamatanterhadap 10 sampel yang di ambil sebagai pengamatan.BAB IVHASIL PENELITIANHasil Angket1. Apakah Ada pengaruh dari orang lain dengan turunnya minat belajar para pelajar?Yang menjawab “YA” : 82/100 x 100 = 82%Yng menjawab “TIDAK” : 18/100 x 100= 18%Jadi, dari hasil di atas bahwa 82%respnden pada pertanyaan pertama mereka menjawab Yng “YA” karena setiap orang dapat terpengaruh dengan orang lain dengan setiap ajakan orang. Terutama ajakan teman teman untuk bermain, misalnya hang out untuk nnton ke bioskop, sepulang nnton psti merasa capek and jadi malas belajar, bawaanya pingin tidur. Dan ada alas an lain yaitu katanya sih terhantung dari individunya sendiri.2. Apakah ada dampak dari turunnya minat belajar para pelajar?Dari response yang menjawab dampak terhdap turunnya minat pelajar itu ada, contohnya presatasi dalam belajar akan menurun dan masa depannya tdak akan cerah,3. Apakah adapengaruh dari keluarga yang broken home dengan turunnya minat belajarpara siswa?Jadi hasil di atas bahwa 92% responden pada pertanyaan ketiga mereka menjawab YA karena kurangnya perhatian dari orangtua padaanak menyebabkan anak kehilangan jatidirinya dan tujuan hidupnya sehingga rasa semnagat belajar akan berkurangHasil ObservasiBerdasarkan hasil observasi yang kami lakukan , kami mendapatkan bahwa pengaruh turunnya minat belajar para pelajar itu karena faktor tidak suka sama mata pelajaran tersebut dan faktor guru yang mengajar .Ketika kita membenci pelajaran atau gurunya otomatis minat belajar kita tehadapa pelajaran tersebut berkurang.Bahkan mungkin kita tidak akan bisa memperoleh apapun dari apa yang telah di ajarkan gurunya.BAB VPENUTUPKesimpulanBerdasarkan hasil penelitian yang kami lakukan kami memperoleh bahwa :1. Menurunnya minat belajar para siswa dapat dipengaruhi oleh orang lain terutama pengaruh dri teman teman di sekitar bahkan dari guru bidang studi yang mngajar dan lingkungan rumah juga menjadi faktor utama turunnya minat belajar Para pelajar. Kaloau bagi keluarga yang sedang broken home juga berpengaruh besar karena dapat mempengaruhi minat belajar anak tersebut. Mereka kurang mendapat perhatian dari orang tua mereka dan tidak mendapat dukungan dari keluarga mereka.2. Dampak dari turunnya minat belajar para siswa adalah akan berpengaruh pada masa depan pelajar tersebut.Saran1. Seharusnya para pelajar jangan mengikuti kemauannya saja. Bila tidak suka terhadap mata pelajaran tersebut haruslah di lawan rasa itu.2. Sebaiknya jangan mudah terpengaruh akan ajakan teman yang tidak baik untuk malas belajar.3. Bagi anak yang yang keluarganya sedang broken home janganlah terlalu memikirkan masalah tersebut dan lebih focuslah pada pelajaran sekolah agar masa depan cerah/sukses
BAB VIDAFTAR PUSTAKA2. Buku Panduan Perpustakaan Sekolah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar