MENYUSUN
PROPOSAL PENAWARAN
A.
Pengertian
- Pengertian Proposal
Proposal adalah suatu bentuk rancangan kegiatan yang dibuat
dalam bentuk formal dan standard dapat juga dinyatakan dokumen tertulis yang
disiapkan oleh wirausahawan yang menggambarkan semua unsur yang relevan, baik internal maupun
eksternal, mengenai usaha atau proyek baru, atau dapat dikatakan bahwa proposal
usaha merupakan dokumen tertulis yang berisai mengenai usaha yang sedang
direncanakan.
Pada jaman sekarang penyusunan proposal usaha dapat dijadikan media komunikasi. Yang penting
bagi wira usahawan adalah untuk menerangkan profil usaha atau bisnis baru
harus didiskripsikan , mulai dari proyek yang akan dilakukannya, yaitu
pemasaran , penelitian dan pengembangannya, management usaha resiko yang dihadapi,
masalah financial, samapai penhjadwalan waktunya.
Adapun deskripsi tiap aspek sangat penting untuk memberikan
gambaran yang jelas mengenai usaha /produk yang akan diajukan, kemana proposal
akan dibawa dan bagaimana wirausahawan dapat merealisasikan proposal usaha
tersebut
Sebelum membuka usaha seorang wirausawan perlu menyusun dan menetapkan
llangkah-langkah yang tepat untuk dapat mencapai keberhasilannya.
Langkah-langkah ini menyangkut segala sesuatu yang akan dilakukannya, management
usaha, pamasaran, pemilihan produk, resiko yang harus dihadapai serta masalah
keuangan. Langkah-langkah tersebut disusun rapih an tertulis dalam bentuk
proposal.
Gambaran unsur usaha
yang dikemukakan sangat penting untuk memberi penjelassan mengenai
produk yang ditawarkan. Begitu pentingnya proposal usaha maka hendaknya
penyususnan proposal usaha harus murni dibuat oleh wirausawan sendiri dan tidak
sekedar menyalin proposal usaha milik orang lain. Proposal usaha pada intinya
mencakup sasaran dan strategi. Sasaran adalah apa yang ingin dicapai
perusahaan, sedangkan strategi adalah arah tindakan untuk mencapai sasaran
usaha. Dalam strategi mencakup perihal persiapan perusahaan untuk menghadapi
situasi yang ada.
- Faktor – factor penyususunan proposal usaha
Dalam penyusunan proposal usaha perlu
diperhatikan beberapa factor berikut
1.
Tujuan
yang realistis
Tujuan yang akan dicapai dalam perusahaan sangat berpengaruh
dalam menentukan langkah-langkah kedepan serta harus disesuaikan dengan
kemampuan ,spesifik dan dapat diukur serta ada kesatuan antara waktu dan
parameternya
2. Fleksibelitas
Harus mudah disesuaikan dengan
perkembangan usaha dan memungkinkan munculnya alternative strategi yang
dipormulasikan
3. Batasan waktu
Sub-sub tujuan proposal usaha harus
dibuat secara berkesinambunangan dan adanya evaluasi waktu (skhedule kerja)
atau kemajuan yang akan dicapai didalam usaha Jadi buatalah cek list target
development untuk mengukur pencapain target pekerjaan atau perkembangan proyek
ataupun product.
4. Komitmen
Usaha perlu mendapat dukungan dari
seluruh pihak yang terlibatat, baik itu dari pihak keluarga, mitra bisnis,
karyawan ataupun anggota lain. Sangat diperlukan komitmen yang tinggi atas usaha yang akan
dicapai serta mental yang handal apapun yang terjadi penuh perjuangan,
kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda, motto itu perlu kita pegang dan
perlu diyakini bahwa segala usaha yang dilakukan dengan prosedur yang baik dan
benar suatu saat akan mencapai keberhasilan. Walaupun ada orang yang tidak percaya
bahwa dunia berputar oleh orang yang sedang mendapat kejayaan tapi untuk
orang yang sedang dibawah dalam arti kata sedang merintis ataupun bangkrut
kita harus yakin bahwa dunia akan beputar memutarkan kondisi kita yang sedang
bangkrut menjadi sukses.
- Manfaat proposal usaha
1. Berguna untuk membandingkan antara
perkiraan dengan hasil yang nyata.
2. Membantu wirausahawan untuk mengembangkan
dan menguji strategi dan hasil yang diharapkandari sudut pandang pihak lain.
3. Menyediakan alat komunikasi bagi
wirausahawan untuk memaparkan dan meyakinkan gagasannya kepada pihak lain
secara menyeluruh
4. Membantu wirausahawan untuk dapat
berpikir kritis dan objektif atas bidang usaha yang akan dimasukinya.
5. Persaingan fakotor ekonomi dan
analisis finansial yang masuk dalam subjek proposal usaha dapat mendekati
asumsi-asumsi secara cermat, mengenai seberapa besar angka keberhasilan dalam
usaha.
Adapun
manfaat lain dari proposal usaha adalah semakin jelasnya sumber-sumber
keuangan. Ha[ ini dimungkinkan karena hal berikut ini
1. Proposal usaha dapat menjadi sebuah
gambaran seorang wirausahawan.pemula
dan seberapa jauh kemampuan manajerial
2. Dapat mengidentifikasi adanya risiko
kritis pada saat penting, guna memudahkan penemuan langkah antisipasi.
3. Memberikan informasi potensi pasar
dan perkiraan market share yang mungkin diraih.
4. Memberikan sumber-sumber finansial
yang jelas, dokumen ringkas yang mengandung informasi penting dan evaluasi
finansial.
5. Memberikan gambaran tentang kemampuan
wirausahawan untuk memenuhi kewajibannya.
Oleh
karena proposal usaha itu dibuat bukan untuk dikonsumsi sendiri, melainkan
untuk pihak luar yang terkait, seperti bankir, investor, konsumen, konsultan,
pengacara, pemerintah daerah, dan sebagainya, maka wirausahawan dalam menyajikan
proposal usaha harus selengkap mungkin. Dengan bahasa yang mudah dipahami dan
sederhana.
1.
Pengetahuan
teknologi, layak reativitas, inisiatif, dan inovatif.
2. Kemampuan membuat proyeksi keuangan.
3. Kemampuan dalam bidang pemasaran.
4. Pengalaman dalam bidang usaha yang
digelutinya
- Petunjuk
Penyusunan Proposal Usaha
Menetapkan
jenis usaha yang diinginkan dan sekaligus menguntungkan adalah pekerjaan yang
tidak mudah. Seorang wirausahawan harus bersedia bekerja keras mencari informasi
kira-kira usaha apa yang paling cocok dan menguntungkankhususnya dibidang
multimedia.
Setelah
mempunyai keyakinan yang mantap, tindakan selanjutnya adalah menyusun proposal
usaha.
Namun,
secara umum, proposal usaha harus disusun berdasarkan analisis wirausahawan
terhadap kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang akan dihadapi.
1. Menetapkan jenis usaha yang diinginkan.
2. Menetapkan aspek produk yang akan dibuat.
3. Menetapkan aspek pemasaran produk.
4. Menetapkan aspek teknis, penyaluran produk.
5. Menetapkan aspek organisasi dan manajemen.
6. Menetapkan aspek yuridis.
7. Melalsanakan aspek administrasi.
8. Mengetahui aspek sumber keuangan.
9. Mempelajari aspek kebijakan pemerintah daerah.
10. Mempelajari aspek ANDAL (Analisis Dampak Lingkungan).
Tidak ada aturan baku yang mengatur dalam
penyusunan draf proposal usaha. Akan tetapi, pada umumnya proposal usaha memuat
hal-hal sebagai berikut.
i. Halaman Depan
Sampul
dan kemasan memiliki banyak pilihan untuk mendesain tampilan dan rasa proposal
anda. Meskipun kita sering memperingatkan untuk tidak meniali buku dari
sampulnya kenyataannya seorang pelaksana membutuhkan waktu sekitar dua detik
untuk menilai kualitas dokumen yang sedang ditangani. Terkadang mereka
memutuskan sebelum mereka menyentuhnya. Perkirakan orang akan membaca proposal
anda dan temukan keinginan mereka sesuaikan proposal anda dengan keinginan
mereka,
Ada dua
strategi untuk bahwa dokumen proposal anda masih amatir dan belum proposional
(menghindari kesan negatip). Pada halaman depan juga dicantumkan nama dan alamat perusahaan. serta
nama orang yang bertanggung jawab.
ii. Daftar Isi
iii. Deskripsi
analisa kebutuhan
Dalam
beberapa proposal sangat berguna untuk
mendeskripsikan alas an proyek yang dikemukakan dalam beberapa detail.
Deskripsi dan analisis kebutuhan sudah umum yang harus melewati hirearki para
eksekutif perusahaan untuk mencari persetujuan dan pendanaan
Dalam
proposal usaha diungkapkan strategi perusahaan dan tim manajemen pengelola
perusahaan.
iv. Audiens
Sasaran
Semua
proposal multimedia harus menyertakan sebuah bagian yang menjelaskan audiens sasaran dan platform sasaran.ketika
kapabilitas multimedia pengguna akhir memiliki range yang luas dan tak terbatas
, maka penting untuk menjelaskan perangkat lunak dan perangkat keras platform
pengiriman yang ingin disajikan. Sebagai contoh jika proyek anda membutuhkan player compact disk, tetapi
platform pengguna akhir tidak memiliki satupun, anda harus menyesuaikan stategi
multimedia anada dengan merevisi rancangan tersebut atau meminta pengguna akhir
untuk memiliki sebuah player atau bahkan menjadi peluanga proyek baru yaitu
dilengkapi dengan pengadaan peralatan sesuai dengan kebutuhan.
Menjelaskan
mengenai pasar yang dituju, besar potensi pasar dan berbagai strategi serta
ramalan tentang target konsumen pada masa mendatang.
v. Strategi
Kreatif.
Bagian
startegi kreatif sebuah deskripsi mengenai look and feel dari proyek itu
sendiri sangat penting bagi proposal anda, khususnya jika para eksekutif
melihat proposal, anda tidak menyajikan kreatif session atau tidak
berfartisipasi dalam pembahasan pendahuluan. Jika anda memiliki gallery proyek
yang sudah selesai hamper sama dengan upaya penawaran anda maka akan sangat membantu jika strategi
kreatip itu dimasukan kedalam proposal anda proposal anda buatlah heading
terpisah dan masukan grafis dan diagram. Garis besarna yaitu menjelaskan
tentang kualitas, kuantitas, kegunaan, dan keistimewaan barang dan jasa produk
yang dihasilkan dengan stategi dan sajian yang menarik.
vi. Impelmentasi
proyek
Sebuah
proposal harus bias menjelaskan bagaimana proyek tersebut akan diorganisasikan
dan dijadwalkan perhitungan biaya akan didasarkan pada penjelasan ini bagian
implementasi proyek proposal anda akan memuat kalender detail, dengan
perencanaan proyek PERT serta daftar tugas khusus dan tanggal penyelesaian,
deliverable dan jadwal kerja yang disertakan . Informasi ini mungkin luas dan detail,
tergantung tuntunan klien bagian implemtasi proyek tidak hanya berkisar tentang
berapa banyak pekerjaan yang ada, melainkan bagaimana pekerjaan akan dikelola
dan dilakukan . anda mungkin tidak perlu memperhitungkan waktu dalam jam-jam
kerja, tetapi lebih pada jumlah waktu kalender yang diminta untuk menyelesaikan
setiap tahap.
vii. Anggaran
Anggaran
berhubungan langsung dengan cakupan kerja yang sudah disusun dib again
implemenatasi proyek . Pilihlah biaya terperinci dari deskripsi imoplemenatasi proyek dan gabungkan waktu tugas dari setiap tahap proyek
kedalam kegiatan yang berguna bagi klien. Menjelaskan mengenai rencana
permodalan dan proyeksinya, neraca pendahuluan, aliran kas, dan pendapatannya.
Berikut ini contoh draf proposal
usaha.
Bagian 1
Pendahuluan
A. Nama dan alamat
perusahaan.
B. Nama dan alamat penanggung jawab
C. Informasi usaha.
Bagian 2
Deskripsi aspek – aspek
usaha
A. Deskripsi umum usaha.
B. Latar belakang industri.
C. Sejarah dan latar belakang perusahaan.
D. Tujuan dan pembagian waktu.
E. Kenaikan produk atau pelayanan.
Bagian 3
Aspek Pemasaran
A. Penelitian
B. Target pasar atau konsumsi
C. Ukuran dan tren pasar
D. Situasi persaingan
E. Kalkulasi/perkiraan bagian pasar
F. Rencana pemasaran
G. Strategi pasar
H. Masalah penetapan harga
I. Periklanan dan promosi
Bagian 4
Penelitian, Model dan Pengembangan
A. Pengembangan dan rencana desain
B. Hasil-hasil penelitian teknologi
C. Kebutuhan asisten penelitian
D. Struktur biaya
Bagian 5
Aspek Pabrik
A. Analisis lokasi
B. Kebutuhan produksi (fasilitas dan peralatan)
C. Penyuplai/factor transportasi
D. Suplai tenaga kerja
E. Data biaya pabrik
Bagian 6
Aspek Manajemen
A. Tim manajemen
B. Struktural legal (perjanjian cadangan barang,
perjanjian tenaga kerja, kepemilikan)
C. Susunan direktur, penasihat, konsultan, dan lain-lain
Bagian 7
Aspek Manajemen
A. Masalah-masalah yang potensial
B. Resiko dan hambatan
C. Tindakan alternative
Bagian 8
Aspek Finansial
A. Perkiraan Finansial
B. Keuntungan dan kerugian
C. Arus kas
D.
Analisis Break even
poin
E. Biaya
Bagian 9
Aspek Jadwal Pembagian Waktu
A. Penentuan waktu dan tujuan
B. Batas waktu
C. Hubungan peristiwa-peristiwa
Bagian 10
Apendiks atau Bibliografi
D. Surat-surat
E. Data penelitian pasar
F. Surat-surat kontrak dan dokumen perjanjian lainnya
G. Daftar harga dari pemasok barang
Bagian 1
Pendahuluan
A. Nama dan alamat perusahaan
B. Nama dan alamat pemilik
C. Nama dan alamat penanggung jawab
D. Informasi tentang bisnis yang dilaksanakan
Bagian 2
Rangkuman Eksekutif
A. Rangkuman eksekutif lebih kurang 3 halaman
B. Menjelaskan secara komplet isi proposal usaha
Bagian 3
Analisis Industri
A. Perspektif masa depan usaha
B. Analisis persaingan
C. Segmentasi pasar yang akan dimasuki
D. Ramalan produk yang dihasilkan
Bagian 4
Deskripsi Usaha
A. Prosuk yang dihasilkan
B. Jasa pelayanan
C. Ruang lingkup usaha
D. Personalia dan perlengkapan kantor
E. Latar belakang identitas pengusaha
Bagian 5
Rencana Produksi
A. Proses produksi
B. Keadaan gedung dan perlengkapannya
C. Sumber-sumber bahan baku
Bagian 6
Rencana Perencanaan
A. Penetapan harga
B. Pelaksanaan distribusi
C. Promosi yang akan dilaksanakan
D. Pengembangan produk
Bagian 7
Perencanaan Organisasi
A.
Informasi
tentang parner
B. Uraian tentang kekuasaan
C. Latar belakang anggota tim manajemen
D. Peranan dan tanggung jawab personalia
Bagian 8
Resiko
A. Evaluasi tentang kelemahan usaha
B. Gambaran tentang teknologi
Bagian 9
Perencanaan Permodalan
A. Neraca permulaan perusahaan
B. Proyeksi aliran kas
C. Analisa titik impas
D. Sumber-sumber permodalan
Bagian 10
Apendiks
A. Surat-surat
B. Data penelitian pasar
C. Surat-surat kontrak dan dokumen lainnya
D. Daftar dan pemasokan barang
Contoh proposal penawaran produk
multimedia
Proposal Penawaran Jasa IT
Sehubungan dengan kegiatan Peningkatan Sarana Informasi
pada beberapa perusahaan . Maka DaunWeMedia, Sebuah perusahaan yang bergerak
dibidang IT (Information Technology) menawarkan program kerjasama pembangunan
fasilitas website dan berbagai layanan
lain berbasis online dalam bentuk Proposal Penawaran dengan Ruang Lingkup Jasa
(Scope Statement) ,sebagai berikut:
Project
|
Pembuatan
system informasi perusahaan
|
Project
Area
|
|
Project
Sponsor
|
Daun
WebMedia
|
Client
|
Perusahaan
daerah setempat
|
Supervisor
|
Lies
Gandhi
|
Project
manger
|
Yuda
Triana
|
Date
|
29
Oktober 2008
|
Page
Number
|
5
|
I. PENDAHULUAN
Perkembangan
teknologi dan sumber informasi dari seluruh media, ternyata media internet
untuk saat ini sangat digemari oleh masyarakat atau pelaku bisnis. Informasi
yang didapat selain cepat, akurat juga dapat digunakan dan diperoleh dimana
saja.
Pengguna
internet saat ini selalu melakukan pembelian dan penjualan secara online. Melalui informasi yang didapat
langsung dan juga dapat juga bertransaksi secara langsung. Fasilitas untuk
mengakses internet juga semakin banyak, selain dengan telepon rumah, handphone, juga melalui jaringan
server/warnet. Ini membuktikan bahwa masyarakat semakin tidak mau disibukkan
dengan keterbatasan waktu dan kesempatan untuk melihat informasi.
Daun
WebMedia adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang jasa
layanan media online dan media
informasi lainnya. Kami merupakan perusahaan yang dapat membantu bagi
organisasi atau perusahaan yang bergerak dibidang bisnis atau lainnya. Bukan
hanya perlayanan, tapi kualitas dan harga, menjadi hal terbaik untuk promosi
perusahaan/usaha bisnis dijaringan internet.
II. PRODUK
& LAYANAN
Produk
Layanan Online
1.
Web
Design
Kami memberikan pelayanan jasa perancangan dan pengembangan aplikasi
website sebagai media promosi usaha dijaringan internet. Perancangan dan
pengembangan aplikasi website bisa berupa perancangan website statik maupun
website dinamis.
2.
Desain
Grafis
Merupakan layanan jasa pembuatan desain logo, banner, brosur, kartu nama,
undangan dan desain produk lainnya untuk dijadikan bagian promosi perusahaan.
3.
Software
Engineering
Selain perancangan aplikasi website, ada juga beberapa aplikasi operasional
lainnya antara lain; aplikasi penjualan & pembelian, stok, hutang piutang
dan lain sebagainya.
4.
Iklan
Online
- Media
Promosi Online Gratis
Merupakan layanan promosi online di internet yang
kami berikan secara gratis diwebsite http://www.daunonline.com. Perusahaan
dapat memposting berbagai produk yang akan ditawarkan pada konsumen . Selain
itu, juga bisa melakukan pencarian informasi produk-produk lainnya dari member
daunonline.com itu sendiri.
- Info
Lowongan Kerja
Sebuah
media informasi lowongan kerja yang kami berikan untuk perusahaan mencari
tenaga kerja dan sebaliknya. Layanan berbasis internet ini diharapkan akan
membantu pihak manajemen perusahaan dalam hal ketenaga kerjaan dan untuk
pencari kerja juga diberikan kesempatan dan kemudahan dalam mencari pekerjaan
idealnya.
III. ASUMSI
PRODUK
1.
Dalam produk layanan kami ini Anda akan
mendapatkan beberapa hal diantaranya : media internet,
dalam pelayanan informasi dan komunikasi.
Mempunyai
informasi perusaha
2.
Memiliki informasi dalam bentuk an untuk
memperkenalkan produknya kepada masyarakat/konsumen.
3.
Mudah untuk mengkomersialkan perusahaan
pada masyarakat/konsumen
IV. HARGA
PRODUK
Harga produk untuk tahun 2008 adalah sebagai berikut
:
No.
|
Nama Produk
|
Harga
|
Keterangan
|
1
|
Web
Design – Paket Standart
|
Rp.
2,000,000.-
|
Website
Statik ±5 halaman
|
2
|
Web
Design – Paket Profesional
|
Rp.
3,000,000.-
|
Website
Dinamis + E-mail
|
3
|
Web Design – Paket Profesional Plus
|
Rp.
5,000,000.-
|
Website
Dinamis Plus lainnya
|
4
|
Web
Design – Paket Expert
|
Rp.
6,400,000.-
|
Website
Online Shop
|
5
|
Web Design – Paket Expert Plus
|
Rp. 7,600,000.-
|
Website Online Shop Plus
lainnya
|
7
|
Desain Grafis & Animasi
|
Rp. Diseduaikan
|
Sesuai dengan kebutuhan produk
|
8
|
Aplikasi Operasional lain
|
Rp. Disesuaikan
|
Sesuai dengan kebutuhan sistem
|
Harga belum termasuk PPN 10%
VI. PENUTUP
Demikian proposal penarawan ini kami perbuat. Atas
perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih. Semoga kita dapat
menjalin hubungan kerjasama yang lebih baik disaat ini dan dimasa depan.
Contoh-contoh gambar dari pelayanan jasaDaun WebMedia:
Contoh layanan
informasi on line:
Contoh design grafis
:
I. PENGANTAR
Bandung,
29-oktober-2008
No. : 123
Lamp. : 1 (satu) set
Perihal : Penawaran Sistem Ticket Bioskop
Kepada Yth.
Bapak/Ibu
Pimpinan
_______________________
Di
Tempat.
Dengan hormat,
PT.JAYA SENTOSA
berdedikasi dalam memberikan pelayanan jasa Penawaran mesin Ticket Bioskop yang
kami beri nama Automatic Ticket Base, berbasis databases dengan cakupan wilayah
Indonesia.
Melalui surat penawaran ini, kami menawarkan
proposal perancangan mesin automatic ticket base untuk bioskop yang sedang Anda
pimpin. Adapun proposal perancangan mesin ticket yang kami tawarkan, telah
dilampirkan bersamaan dengan surat ini.
Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima
kasih.
Bandung, 29-oktober-2008
Hormat Kami,
M. Rully.simanurung
C.E.O. Automatic Ticket Base
II.
RUANG LINGKUP JASA (SCOPE STATEMENT)
III. LATAR BELAKANG
Pada zaman sekarang banyak film
bioskop yang menarik dan banyak digemari masyarakat. Dengan semakin banyaknya
film bioskop yang menarik, para penontonnyapun semakin banyak pula.Karena banyak
penonton yang suka dengan film bioskop makin banyak pula keuntungan yang
diraih oleh bioskop – bioskop.
Tetapi karena banyaknya
penonton itu sebuah bioskop bisa kerugian.Karena masyarakat terutama kaum
remaja banyak yang mengeluh. Keluhan para penonton bioskop hampir semua sama
seperti saat mereka menonton tidak tahu apa saja film yang pada hari itu akan
ditayangkan oleh bioskop,tidak tahu letak tempat duduk yang akan ditempati,
tidak bisa membooking tempat duduk sehingga tidak mendapatkan tempat duduk
yang sesuai dengan keinginan dan lain sebagainya.
Dengan adanya masalah seperti
ini dan makin berkembangnya teknologi pada saat ini kami membuat produk yang
dapat menghilangkan masalah – masalah tersebut.Produk ini bernama AUTOMATIC TICKET BASE.kegunaan dari AUTOMATIC TICKET sangat banyak
diantaranya penonton dapat mengetahui jadwal film yang akan ditayangkan,
penonton dapat membooking tempat duduk sesuai keinginan, dan penonton tidak
usah mengantri terlalu.
|
IV. DESKRIPSI
PROGRAM
Di
sebuah Mall sering kita temui bioskop – bioskop,kita ambil saja contohnya yaitu
Bioskop Movie 21. Movie 21 sering di kunjungi oleh para kaum remaja. Bahkan
anak sekolahpun tidak kalah saingnya.
Dalam
masalah ini ada beberapa hal yang kurang memuasakan bagi para pengunjung, salah
satunya dalam masalah pengantrian tiket. Biasanya pengunjung jika melihat
antrian sangat penuh,mereka enggan untuk menunggu bahkan malah memilih untuk
pulang atau memilih tempat yang lain.
·
Sehingga
dibutuhkan alat yang bisa mengantisipasi masalah tersebut untuk memberikan
kenyamanan bagi para pengunjung Bioskop Movie 21
·
Memudahkan para pengunjung untuk mengetahui jadwal film
yang akan ditayangkan.
·
Memudah para pengunjung dalam pembelian ticket.
·
Memperingan beban bioskop bila banyak pengunjung yang datang.
Program yang akan dimunculkan pertama adalah jadwal
penayangan film dan ruangan tempat ditayangkannya. Pada saat pengunjung memilih
jadwal film dengan menyentuh layar sentuh maka akan keluar waktu film yang
dipilih. Lalu kita tinggal memilih tempat duduk sesuai yang diinginkan. Setelah
selesai kita wajib membayar pada alat pembayaran yang tersedia dan akan keluar
ticket sesuai dengan pesanan.
V. SOFTWARE YANG DIGUNAKAN
·
Design :
Photoshop, Corel, Paint
·
Data base
VI. SUPPORTING HARDWARE
·
Tombol Touch screen
·
Mesin Aplikasi
berbasis web
VII. FITUR SOFTWARE CONTENT
1. Tampilan Pada Saat Memilih Film
2.
Tampilan Saat Memilih
Waktu
3.
Tampilan Saat Memilih
Tempat Duduk
4.
Ticket Bioskop
VIII. Keuntungan / Kelebihan Produk
Keuntungan:
·
Memudahkan para pengunjung untuk mengetahui jadwal film
yang akan ditayangkan.
·
Memudah para pengunjung dalam pembelian ticket.
·
Memperingan beban bioskop bila banyak pengunjung yang
datang.
IX. LAIN – LAIN
1. PENGGUNA JASA
Adapun
yang menjadi pengguna jasa adalah seluruh perusahaan ataupun individu dari
seluruh layanan produk. Beberapa perusahaan yang telah menggunakan jasa AutoMatic Ticket Base, antara lain:
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2. HARGA PRODUK
Harga produk untuk tahun 2005
adalah sebagai berikut :
*
Harga belum termasuk PPN 10%
Harga produk untuk tahun 2006
adalah sebagai berikut :
*
Harga belum termasuk PPN 11%
Harga produk untuk tahun 2007
adalah sebagai berikut :
*
Harga belum termasuk PPN 15%
Harga produk untuk tahun 2008
adalah sebagai berikut :
*
Harga belum termasuk PPN 20%
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
X. PENUTUP
Demikian
proposal penarawan ini kami perbuat. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami
ucapkan terima kasih. Semoga kita dapat menjalin hubungan kerjasama yang
lebih baik disaat ini dan dimasa depan.
* Contoh peoposal ini
hanya fiktip
Contoh Schedule kerja
|
Rangkuman
Pada jaman sekarang penyususnan proposal usaha dapat
dijadikan media komunikasi. Yang penting bagi wira usahawan adalah untuk
menerangkan profil usaha atau bisnis baru harus didiskripsikan , mulai dari
proyek yang akan dilakukannya, yaitu pemasaran , penelitian dan pengembangannya,
management usaha resiko yang dihadapi, masalah financial, sampai penjadwalan
waktunya
Program Evaluasi Review Technique (PERT) sangat membantu
untuk mengukur ketercapian program dalam menimplementasikan proyek.
Tujuan yang akan dicapai dalam perusahaan sangat berpengaruh
dalam menentukan langkah-langkah kedepan serta harus disesuaikan dengan kemampuan
,spesifik dan dapat diukur serta ada kesatuan antara waktu dan parameternya
harus bersifat Fleksibelitas mudah
disesuaikan dengan perkembangan usaha dan memungkinkan munculnya alternative
strategi yang dipormulasikan
Evaluasi
1) Blok pembangun dari management proyek adalah:
a.
anggaran
b.
tugas
c.
proposal
d.
milestone
2) Bagian pertama dari proposal seharusnya berupa:
a.
Ringkasan
eksekutif
b.
Anggaran
c.
Timeline
d.
Rencana proyek
3)
Jika para
eksekutif memeriksa proposal anda yang tidak menyajikan creative session atau
tidak berpartisifasi dalam pendahuluan, maka mungkin penting untuk memasukan
sebuah deskripsi mengenai lock and feel dari proyek itu sendiri, yang disebut …
a.
Strategi kreatif
b.
Ringkasan
eksekutif
c.
Syarat dan
prasyarat
d.
Analisa kebutuhan
4) Format yang membantu untuk mengukur ketercapian
program dalam menimplementasikan proyek adalah…
a.
ROM (Read Only
Memory)
b.
PERT (Program
Evaluasi Review Technique )
c.
CPM (Crtical Path
Mode)
d.
RFP(Request For
Proposal)
5) Anda diberi tugas untuk menyusun proyek baru untuk
sebuah multimedia fiktip untuk memproduksi secara istomewa. Proyek tersebut
adalah sebuah game intruksional yang dirancang untuk mengajar siswa bagaimana
menggunakan java script. Jabarkan proyek tersebut dengan membahas pasar untuk
produk:
a. Pasar untuk produk tersebut
b. Tujuan proyek
c. Limitasi tehnik jika ada
d. Timeline singkat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar